FORUM Broadcasting UMB
Pencarian
 
 

Display results as :
 


Rechercher Advanced Search

Latest topics
» [adventure] Green Canyon Indonesia
Sat 23 Jul 2011 - 17:53 by Tamu

» tanya perjalanan ke green canyoon
Sun 26 Jun 2011 - 11:02 by Tamu

» Wisata Backpacker di PULAU SEMAK DAUN (PULAU SERIBU)
Fri 10 Dec 2010 - 4:10 by Tamu

» salam kenal semua'a...
Wed 15 Sep 2010 - 9:05 by boim

» go to greencanyon
Tue 16 Feb 2010 - 12:11 by Tamu

» perkenalan
Sun 25 Oct 2009 - 17:55 by aloysius

» Pengaruh Buruk Yang Merusak Otak
Sat 1 Aug 2009 - 8:43 by Tamu

» [Freelance] EDITOR wedding
Thu 2 Jul 2009 - 0:24 by Admin

» storyboard artis Film Ice Age 3 orang Indonesia
Tue 23 Jun 2009 - 15:16 by awank

Navigation
 Portal
 Indeks
 Anggota
 Profil
 FAQ
 Pencarian
June 2018
MonTueWedThuFriSatSun
    123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930 

Calendar Calendar


[SHARE] Karyawan bisa KAYA juga, caranya?

Go down

[SHARE] Karyawan bisa KAYA juga, caranya?

Post  awank on Mon 1 Jun 2009 - 19:38

Bedah buku Tung Desem Waringin

Ini beberapa kutipan dari buku ini…
  • Cari kerja itu susah, salah!!, yang benar, cari kerja itu mudah kalau tahu caranya.
  • Uang adalah akar dari segala kejahatan, salah!!, yang benar, tidak punya uang adalah adalah akar dari segala kejahatan.
  • Karena uang orang malah putus bersaudara, salah!!, yang benar, karena kurang uang orang perang saudara, rebutan warisan, dll. (Misalnya, bila kita punya uang Rp. 100 miliar dan warisannya Rp. 100 juta, sudah pasti kita tidak akan berebut Laughing)
  • Orang kaya itu pelit, salah!!, yang benar, itu orang lain, kalau saya, semakin kaya akan semakin sosial, Orang yang paling kaya di dunia adalah orang-orang yang paling sosial. Bill gates aja menyumbang penelitian AIDS US$ 1 miliar
  • Orang kaya hidupnya tidak bahagia, salah!!, yang benar, itu orang kaya goblok!! banyak kok orang kaya dan bahagia, dan sejelek-jeleknya, lebih baik kaya tidak bahagia, daripada miskin tidak bahagia. Itu orang lain, saya akan menjadi kaya dan bahagia.
  • Lebih baik mati meninggalkan banyak harta daripada mati tapi dikejar-kejar hutang…(yang satu ini karangan saya loo Very Happy).


Oke deh, berhubung karena topiknya tentang karyawan, mari kita langsung aja to the point...
Membuat gaji seorang karyawan menjadi naik 3 kali dalam setahuan
(katanya sich… Razz)

1. Membuat nilai tambah

Kita harus bisa dipercaya dan diandalkan. Bila kita ketahuan melakukan penggelapan manipulasi, atau penipuan di perusahaan, maka kita akan sulit dipromosikan atau naik gaji secara maksimal.

Kita harus menghasilkan lebih daripada yang kita terima, contohnya bila kita menerima gaji 1 juta, kita harus memberikan lebih dari gaji tersebut, maka barulah kita pas untuk untuk menerima gaji tersebut. Maksudnya memberikan kinerja yang lebih hebat daripada sesama karyawan pada level yang sama

Berinisiatif untuk menyelesaikan masalah, tidak menunggu sampai disuruh. Hindari kecenderungan untuk menyalahkan orang lain, atasan, situasi, anak buah, tetapi tunjukkan inisiatif untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Berperilakulah menyenangkan. Jaga penampilan, kedisiplinan, kesopanan, omong baik di depan dan di belakang. Orang yang omong jelek di belakang sama sekali tidak menyenangkan..

2. Mengkomunikasikan Prestasinya kepada orang yang tepat

Bila kita sudah mempunyai nilai tambah, kita harus komunikasikannya. Orang yang mempunyai nilai tambah yang lebih dari karyawan lain yang tidak mengkomunikasikannya tetap bisa naik gaji dan dipromosikan, tapi akan makan waktu yang lebih lama.

3. Mencapai prestasi itu berkali-kali

Kita akan dipromosikan bila mencapai prestasi berkali-kali (dalam jumlah yang banyak, mungkin juga dengan perusahaan lain)

Bila kita mengkomunikasikan prestasi kita kepada atasan kita sendiri, bisa jadi atasan kita masih tenang –tenang saja, Sebaliknya, bila banyak orang dari pemilik perusahaan atau atasan perusahaan yang mengetahui nilai tambah kita, kita akan menerima banyak tawaran kenaikan dan promosi dari luar.

4. Dengan cara yang tepat

Maksudnya isinya tepat, sarananya tepat, waktu dan tempatnya tepat

Isi yang tepat : bila mau usul, selalu gunakan kata2
”menurut pengalaman bapak... bila kita tidak melakukan... (isi sendiri usulan anda) mungkinkah kita menjadi seperti ...(isi sendiri hasil yang anda perkirakan)”

Bila kita tidak setuju dengan pendapat atasan kita, gunakan pihak ketiga. Contoh: ”Menurut pengalaman bapak ... misalnya ada costumer yang keberatan akan...(isi sendiri keberatan Anda) kita sebaiknya harus bagaimana?...

Bila mengkomunikasikan nilai tambah kita, katakan ”Selamat pak! Berkat bapak bulan ini kita mencapai... (isi prestasi yang sudah Anda capai).

Sarana yang tepat adalah bertemu, komunikasikan empat mata (eh, bukan empat mata). Presentasikan prestasi Anda pada rapat tahunan. Ikuti perkumpulan asosiasi manajer atau bisnis, sehingga Anda diketahui orang banyak.

Waktu dan tempat yang tepat adalah ketika mood atasan sedang baik, bagaimana bisa tahu hal itu? Tanyakan pada sekretarisnya!

Jika hal di atas sudah dilakukan, sebaiknya perhatikan beberapa hal sepele di bawah ini:

1. Hindari penggunaan kartu kredit

Atau segala hal yang berhubungan dengan nama tsb.
Seperti membeli barang2 yang dikreditkan dengan jangka waktu tertentu, tau gak, kalo beli kredit berarti sama aja dengan membeli 1½ (satu setengah) dari harga dasar produk tersebut.

2. Berinventasi

Banyak karyawan yang sewaktu mendapatkan bonus, langsung melampiaskan hasratnya untuk membeli barang2 yang mereka impikan. Stop dulu, alangkah lebih baiknya, kalau bonus tersebut diinvestasikan untuk jangka panjang, contohnya aja, membeli emas dengan 70% dari nilai bonus tersebut dan 30% untuk dibelanjakan (kalau berinvestasi jangan terlalu pelit ada jajannya juga dong), nanti itung2 aja hasil keuntungannya jika mendadak harga emas itu naik.

3. Gunakan gaya hidup yang PAS tetapi bukan pas-pasan

Maksudnya, kenapa kita harus menghambur-hamburkan uang apabila kita bisa menghematnya, gaya hidup yang terlalu berlebihan malah menghabiskan cadangan uang kita, Contohnya: HP Nok*a 6600 sudah cukup untuk menikmati Facebo*k, dari pada harus mati-matian membeli Bl*ckb*rry yang harganya ajigile... scratch

Yang terakhir dan perlu dicatat bahwa semua itu perlu kesabaran dan keyakinan, plus doa menurut keyakinan masing2, tanpa hal ini semua yang telah kita usahakan akan menjadi beban terhadap kita...


Perbandingan Gaji Karyawan Perusahaan menurut levelnya:
Jika kita sudah mencapai top puncak karir, namun semua hal tersebut belum memenuhi segala keinginan kita untuk menambah penghasilan kita, kenapa tidak mencoba menjadi bisnisman... Bisnisman atau enterpreneur ntah apa lah istilahnya, memiliki gaji unlimited...sekali lagi UNLIMITED... namun kita harus konsern dengan resiko yang dihadapi...

Berikut saya jabarkan perbandingan gaji karyawan perusahaan, menurut sumber: http://strategimanajemen.net/2009/02/02/standard-gaji-2009/

1. Fresh Graduates/Entry Level. Kisaran Standard Gaji Rp 2 – 3 juta/bulan

Dalam sepuluh tahun terakhir, besaran gaji para fresh graduates (lulusan S-1) tampaknya tidak bergerak naik secara signifikan. Penyebabnya sederhana: supply cenderung jauh lebih tinggi dibanding demand; sehingga buyer (perusahaan) memiliki keleluasaan untuk memberikan gaji yang relatif rendah. Meski demikian sejumlah perusahaan multi nasional kini memberikan gaji bagi para fresh graduate-nya pada angka Rp 4 juta/bulan; sementara Bank Indonesia sejauh yang saya tahu, telah memberikan gaji Rp 5 juta/bulan untuk para lulusan sarjana baru yang bekerja untuk mereka. Namun demikian, masih banyak juga lulusan sarjana S-1 baru yang mendapat gaji sebanding dengan UMR alias sekitar Rp 1 jutaan saja per bulan.

2. Asisten Manajer. Kisaran Standard Gaji Rp 5 – 8 juta/bulan

Jika Anda sudah bekerja di kantor Anda selama 3 – 5 tahun, selayaknya Anda sudah menduduki posisi ini. Dan itu artinya Anda bisa mendapatkan income sekitar Rp 5 – 8 jutaan per bulannya. Kalau sudah bertahun-tahun Anda tetap saja menjadi staf biasa dan tak pernah kunjung naik posisinya ke level ini, ya Anda bisa mulai melakukan sejumlah manuver untuk membuat perjalanan karir tidak menjadi stagnan selamanya. Sebab kalau ndak pernah naik posisinya, gaji Anda ya juga ndak akan naik-naik (sementara harga semangkuk lontong sayur rasanya terus bergerak naik).

3. Manajer/Kepala Bagian. Kisaran Standard Gaji Rp 10 – 15 juta/bulan

Dalam kurun waktu 7 – 10 tahun bekerja, selayaknya Anda sudah bisa berada pada posisi ini. Kisaran gaji untuk posisi ini adalah Rp 10 – 15 juta, meski ada sejumlah perusahaan yang memberikan gaji hingga Rp 20 juta/bulan untuk para manajernya. Namun sejumlah bank nasional, seperti Bank BNI misalnya, memberikan gaji sekitar Rp 12 – 14 jutaan/bulan kepada para manajernya.
Selain gaji yang cukup tinggi, karyawan pada posisi ini biasanya akan mendapatkan car ownership program (program kepemilikan mobil). Dulu, perusahaan tempat saya bekerja memberikan bantuan gratis sebesar 70% dari harga mobil; dan sang manajer hanya memberikan alokasi dana 30 % saja, untuk bisa mendapatkan sebuah mobil sekelas Kijang Innova atau Honda City.

4. Manajer Senior/General Manajer/VP. Kisaran Standard Gaji Rp 20 – 30 juta/bulan

Minggu lalu disela-sela memberikan workshop kepada sebuah perusahaan perkebunan besar di Medan, saya berbincang-bincang dengan salah satu pesertanya yang kebetulan berposisi sebagai Manajer Senior. Ia bilang kalau ia memperoleh gaji sebesar Rp 25 juta/bulan. Dan ajaibnya, karena limpahan harga komoditi yang melonjak di tahun lalu, ia bilang tahun ini perusahaannya akan memberikan bonus 8 kali gaji (!) kepada seluruh karyawannya. “Alhamdulilah pak Yodhia….”, ujarnya dengan wajah sumringah. Halah, bagaimana ndak sumringah, wong sebentar lagi mau mendapat rezeki sebesar Rp 200 juta kontan.

5. Division Head/Executive VP/Direktur/Direktur Utama. Kisaran Standard Gaji Rp 50 juta – 100 juta/bulan

Dengan kisaran gaji seperti itu, pendapatan para direktur/division head/EVP berarti hampir sama dengan gaji seorang pilot senior Boeing 747 Jumbo di maskapai Garuda Indonesia (sebab gaji pilot senior untuk rute internasional di Garuda adalah Rp 90 juta/bulan).

6. Business Owner. Kisaran Standard Gaji: UNLIMITED

Nah, kalau Anda merasa ndak mampu menjadi manajer atau senior manajer, dan karirnya begitu-begitu saja; mengapa tidak memutuskan memulai usaha sendiri dan menjadi seorang business owner? Sebab dengan posisi itu, potensi gaji atau pendapatan Anda bersifat unlimited (tidak terbatas). Sebab Anda sendiri yang dengan bebas bisa menentukan berapa besar pendapatan yang layak Anda terima.

Dari kutipan Leveranging Time to Create Wealth karya K.C See, dari 100 orang kaya:
  • 74% berasal dari bussinessman
  • 10% dari Profesional
  • 10% dari karyawan
  • 6% dari lain2

segetu dulu.... kalo ada yang bisa tambahin atau koreksi, silakan... Embarassed
avatar
awank

Jumlah posting : 49
Join date : 04.05.09
Age : 37
Lokasi : in ur dream

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: [SHARE] Karyawan bisa KAYA juga, caranya?

Post  Admin on Tue 2 Jun 2009 - 17:57

wahh... nice info Shocked

motivator bwat para karyawan....
thx dude Razz
avatar
Admin
Admin

Jumlah posting : 40
Join date : 04.05.09
Age : 37
Lokasi : JAKARTA

Lihat profil user http://umbbro.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik